ads

Breaking News

Teknologi Baru Stadion Gelora Bung Karno Jelang Asian Games 2018


Tahun 2018 akan menjadi ajang perhelatan Asian Games, dan indonesia akan menjadi tuan rumahnya. Tempat yang dipilih untuk menjadi lokasi berlangsungnya olahraga yang ada di Asian Games yaitu Jakarta dan Palembang. Banyak hal yang sudah mulai dipesiapkan untuk menyambut acara pesta olahraga terbesar di benua Asia ini.

Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi salah satu venue yang sedang direnovasi. Pengerjaanyapun sudah mencapai 92%. Terlihat ada beberapa tempat sudah rampung 100% pengerjaanya. Seperti Lapangan utama dan jalur untuk atletik sudah selesai pengerjaanya.

"Renovasi SUGBK ini telah menghabiskan dana sekita 799 Miliar, stadion itu memiliki fasilitas dan teknologi terbaru untuk mendukung berbagai fasilitas di stadion tersebut. SUGBK ini sekarang sedang mengerjakan penguat atap," Ungkap Kisworo Darpito. Teknologi yang di tambahkan pada SUGBK  antara lain.


1. CCTV

CCTV yang dipasang distadion SUGBK adalah CCTV yang mampu mendeteksi wajah. Nantinya CCTV ini akan sangat membantu apabila ada hal-hal yang mencurigakan atau membahayakan.

2. Lampu Penerangan

Bukan hanya penambahan teknologi CCTV saja, SUGBK nantinya akan dipasang lampu penerangan yang diklaim terbesar di dunia, dan hanya dimiliki oleh stadion tersebut. Tidak cukup disitu, sound system SUGBK juga akan dikoneksikan ke lampu tersebut.

3. Kaca Anti Peluru

Tribun VVIP juga akan ditambah pengamananya dengan memasang kaca anti peluru. Ini akan sangat berfungsi untuk melindungi tamu yang hadir saat menonton pertandingan. Kaca ini akan sangat tahan peluru hingga ukuran kaliber 7.62mm, kaca ini diimpor langsung dari jepang.

4. Toilet Khusus Penyandang Disabilitas

Untuk penyandang disabilitas bukan tidak mungkin akan datang langsung ke stadion untuk menyasikan langsung pertandingan. Karena itulah untuk memberi kanyaman, penambahan fasilitas khusus penyadang disabilitas juga diperhitungkan.

5. Rumput Lapangan Standart FIFA

Stadion SUGBK juga akan menggunakan rumput yang sesuai dengan standart FIFA berjenis Zoy Matrella. Rumput ini memiliki karakter akar yang kuat dengan warna hijau pekat dan berciri runcing.

6. Full Sintetis

Jalur atletik di stadion SUGBK mempunyai kualitas kelas satu dengan material yang sudah full sintesis.

Sejumlah pembangunan infrastruktur lain yang sendang dikerjakan guna menunjang perhelatan Asian Games, dipastikan akan rampung pada hari yang ditentukan yaitu penghujung tahun 2017, sesuai target dari pemerintah.

Tidak ada komentar