ads

Breaking News

Arti Overcloking, Kenapa Sih Banyak PC Gaming Yang Dioverclocking?

apa itu overclocking

Ga sedikit orang yang menanyakan "apa itu overlocking" pada komputer, arti dan pengertian overclocking apa sih? Perkembangan teknologi membuat seseorang dengan mudahnya melakukan overclocking, bahkan sekarang orang bisa melakukan overcloking hanya dengan sekali klik, dan booom.. kalian sudah melakukan apa yang namanya overclocking. Itulah sebabnya sebagian orang menganggap melakukan oveecloking itu adalah suatu hal yang sepele dan gampang dilakukan.

Lalu overclocking sendiri apa sih? Sekarang ini banyak game yang membutuhkan spesifikasi PC yang sangat tinggi. Jadi pengertian overclocking secara garis besar adalah menjalankan sistem komputer melebihi spesifikasi standartnya, biasanya berhubungan dengan clockspeed yang memiliki satuan Hz "Hertz".

Tujuanya dilakukan overclocking sendiri untuk mendapatkan performa tambahan dari spesifikasi standart komputer yang kita punya. Dalam kasus ini biasanya overclocking dilakukan oleh para gamers dan editor video. Seperti penggunaan untuk menigkatkan framerate pada game atau merender video menjadi semakin cepat.

apa itu overclocking

Pada dasarnya overclocking sering dilakukan pada komponen-komputer seperti Processor, GPU dan RAM. Dan hebatnya rata-rata komponen tersebut mampu di overclock lebih dari 20%, tergantung seperti apa komponen yang kita gunakan dan beberapa faktor penentu lainya.

Tapi tentu ada hal yang harus kita perhatikan jika hendak melakukan overclock, yang pastinya punya kelemahan. Jadi overclocking ga bisa dilakukan asal-asalan. Kita wajib nemuin titik poin letak crash dan hang saat melakukan overclocking. Itu bertujuan untuk melihat limit  maksimal yang bisa di jalankan secara stabil.

Karena overclocking memperbesar clockspeed membuat beban daya semakin besar juga, yang membuat suhu komponen semakin panas yang berpengaruh pada performa. Jadi selalu pantau suhunya yaa. Umumnya CPU atau GPU mempunyai limit suhu maksimal hingga 100*C  tapi usahakan limit selalu terjaga dikisaran 80*C, Karena jika suhunya lebih adem akan lebih bagus.



Jadi jika kalian ingin melakukan overclocking pastikan kalian benar-benar paham dengan bagaimana prosedur malakukan overclocking. Cara terbaiknya mencoba dan mempelajarinya, cari tahu panduan dari google ikuti forum dan berdiskusi. Kita tahu karena kita mencoba, selama kalian takut untuk mencoba yaa gak akan pernah tahu. Okee sekarang sudah sedikit mengerti, jangan lupa share agar lebih bermanfaat dan semua mengerti apa itu Overclocking.

Tidak ada komentar