ads

Breaking News

Malware Berwujud Notifikasi Ms Word Ini Lolos Pindaian Antivirus

Malware Berwujud Notifikasi Ms Word Ini Lolos Pindaian Antivirus

Malware merupakan virus yang menjangkiti suatu sistem operasi, sekarang ini windows tercatat paling mudah untuk dijangkiti, karena windows paling banyak penggunanya. banyak negara yang menggunakan sistem operasi tersebut. Semua kegiatan komputasi dan banyaknya pengguna windows dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan.

Baru-baru ini sebuah group hacker dari negara Rusia yang mempunyai nama "Fancy Bear" diberitakan telah merislis  sebuah malware yang tampilanya disamarkan. Virus ini disamarkan dengan tampilan pop up notifikasi dalam bentuk file microsoft word. Dibuat dengan sangat rapi, bahkan tidak terlihat seperti malware sama sekali.

Baca Juga :


Malware ini bisa lolos dari pindaian antivirus yang terinstal di komputer, dan melakukan proses instalasi program pada komputer secara otomatis dan tidak disadari penggunanya. Malware tersebut diketahui mempunyai fungsi yang untuk mengambil dan mencuri data-data pada komputer para korbannya.

Malware Berwujud Notifikasi Ms Word Ini Lolos Pindaian Antivirus

Pihak dari microsoft langsung menanggapi hal ini, dengan mengeluarkan panduan untuk mengantisipasi malware tersebut. Dan meminta kita memperhatikan notifikasi yang muncul pada saat kita menggunakan atau membuka file pada microsoft word.

Microsoft, tepatnya pada microsoft office ada salah satu fitur yang bernama Dynamic Data Exchange. Fitur tersebut sering muncul meminta penggunanya untuk mengaksesnya. Jika muncul pop up notifikasi seperti gambar diatas lebih baik memeriksanya terlebih dahulu, atau jika tidak paham apa maksudnya kita bisa langsung menolaknya.

Sekedar informasi, memasang antivirus setelah komputer kita terkena virus tidak begitu banyak membantu. Karena pada dasarnya antivirus hanya mencegah bukan mengilangkan atau menghapus virus.

Tidak ada komentar