ads

Breaking News

Apa Itu Channel dan Jumlah Keping Ram? Single, Dual, Quad Mana yang Terbaik?

apa itu channel dan jumlah keping ram

Sekarang ini masih banyak orang yang masih belum begitu paham mengenai channel ram dan jumlah keping Ram. Di tahun 2017 ini sepertinya kita udah ga nemuin platform atau motherboard single channel. Platform pada umumnya saat ini banyak didukung ram dual channel.

Yang membuat kita bingung adalah ketika sebuah motherboard dengan 4 slot Ram, akan tetapi disitu tercantum dual channel. Sebagian mengatakan kita hanya bisa memasang 2 saja dari ke empat slot tersebut. Dan faktanya tidak seperti itu, 4 slot Ram dengan modul dual channel tetap dipasang dan berjalan, tetapi jalur bandwidthnya tetap dual channel.

Dan apakah jika kita memasang 1 keping ram juga bisa? Yaa tentu kita bisa menggunakan 1 keping RAM saja, namun secara otomatis modul ram kita akan berjalan pada pada konfigurasi single channel. Channel adalah jalur bandwidth dari memori tersebut. Yang berarti dual channel akan memiliki bandwidth yang lebih besar dari single channel.

apa itu channel dan jumlah keping ram

Konfigurasi dual channel umumnya juga dapat dijalankan apabila Ram kita memiliki spesifikasi yang identik, frekuensi speed yang sama, voltase yang sama, timing yang sama, jika perlu IC nya juga sama. Sekalipun beda, ada juga yang terdeteksi oleh motherboard sebagai dual channel. Tetapi mungkin performa akan tertanggu, mengalami efek starter atau malah ga berasa ngefek sama sekali. Walaupun kita memasang ke 4 channel sekalipun ga ada efek apapun ke PC.

" Baca Juga : Apa Itu Overcloking? Pengertian Overclocking Adalah... "


Akan sangat terasa apabila kita membangdingkan antara dual channel dan single channel. Jika ada yang bilang ini tidak akan ngefek apapun ke performa, sebenarnya kurang tepat. Bandwidth dual channel ini sebenarnya sangat membantu pada kegiatan encoding, editing dan bahkan bermain game.

Platform dengan 2 channel itu rata-rata terdapat di platform pada umumnya "mainstream" jadi hampir rata-rata dari kita platformnya mungkin masih menggunakan dual channel.

apa itu channel dan jumlah keping ram


Quad channel memory umumnya akan ditemui pada platform HEDT "Hight End Dekstop". Biasanya motherboard HEDT ini dibekali dengan 8 slot memori atau paling sedikit 4 slot memory Ram. Secara definisi senbenarnya antara quad channel dan dual channel itu jelas. Kalau quad channel bandwidthnya akan 4 kali lebih besar dari single channel.

Size memori ini sebenarnya ga begitu berpengaruh terhadap performa PC kita. Berlaku juga untuk notebook, karena size tersebut hanya sebagai tempat penampungan. Yaa performa akan melambat jika memori tersebut dipenuhi dengan proses yang sedang berjalan.


" Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Singkat ASUS Vivobook S15 S510UQ "


Umumnya penggunaan ideal untuk tahun 2017 ini adalah 8 sampai 16Gb untuk pengguna maintream. Kecuali jika penggunanya seorang profesional atau workstation mungkin mereka akan menggunakan memory berukuran 32Gb keatas untuk menunjang kinerja produksi mereka.

apa itu channel dan jumlah keping ram


Untuk pengguna mainstream ada baiknya juga jika ingin merakit PC sendiri, bisa langsung aja menggunakan multi channel atau membeli kit memori tersebut daripada menggunakan single channel dengan harapan akan menambah ram dikemudian hari. Karena belum tentu ram yang akan kita beli nanti berjalan sempurna dengan ram sebelum saat di dual channel nanti.

Yaa sekian semoga bisa memberi sedikit pemahaman. Share jika bermanfaat dan semoga bisa membantu lebih banyak orang untuk sedikit tahu mengenai channel ram dan jumlah keping ram.

Tidak ada komentar